Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
A. Pengertian Model Student Facilitator and Explaining
Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa / peserta didik belajar mempresentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk sendiri.
Langkah-langkah pembelajaran :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai / KD
2. Guru mendemonstrasikan / menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan / peta konsep. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran
4. Guru menyimpulkan ide / pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat ini
6. Penutup
Kelebihan :
Siswa diajak untuk dapat menerangkan kepada siswa lain, dapat mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya sehingga lebih dapat memehami materi tersebut.
Kekurangan :
1. Adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja yang terampil
2. Banyak siswa yang kurang aktif.
B. Materi yang Cocok dengan Student Facilitator and Explaining
a. Kelas 5 :
Ø Cahaya dan sifat-sifatnya
Ø Benda dan sifatnya
b. Kelas 6 :
Ø Gerakan bumi dan bulan
Ø Konduktor dan isolator panas
c. Alasan memilih materi tersebut
Karena pada saat guru ingin mencapai tujuan pembelajaran dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining ini guru bisa menyampaikan atau menyajikan materi dengan mendemonstrasikannya terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat anak dapat dengan mudah memahami materi-materi pembelajaran tersebut karena pelajaran tersebut disajikan lebih konkret. Sehingga, pada saat guru memberikan kesempatan kepada salah satu atau beberapa siswa untuk menjelaskan, dia bisa menjelaskan tentang materi pelajaran tersebut sesuai dengan ide atau pikirannya masing-masing.
Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa / peserta didik belajar mempresentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk sendiri.
Langkah-langkah pembelajaran :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai / KD
2. Guru mendemonstrasikan / menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan / peta konsep. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran
4. Guru menyimpulkan ide / pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat ini
6. Penutup
Kelebihan :
Siswa diajak untuk dapat menerangkan kepada siswa lain, dapat mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya sehingga lebih dapat memehami materi tersebut.
Kekurangan :
1. Adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja yang terampil
2. Banyak siswa yang kurang aktif.
B. Materi yang Cocok dengan Student Facilitator and Explaining
a. Kelas 5 :
Ø Cahaya dan sifat-sifatnya
Ø Benda dan sifatnya
b. Kelas 6 :
Ø Gerakan bumi dan bulan
Ø Konduktor dan isolator panas
c. Alasan memilih materi tersebut
Karena pada saat guru ingin mencapai tujuan pembelajaran dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining ini guru bisa menyampaikan atau menyajikan materi dengan mendemonstrasikannya terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat anak dapat dengan mudah memahami materi-materi pembelajaran tersebut karena pelajaran tersebut disajikan lebih konkret. Sehingga, pada saat guru memberikan kesempatan kepada salah satu atau beberapa siswa untuk menjelaskan, dia bisa menjelaskan tentang materi pelajaran tersebut sesuai dengan ide atau pikirannya masing-masing.
0 komentar: